Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) ASN dan Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Non ASN Tahun 2021
PDM ASN dan PPT Non ASN adalah kegiatan pembaruan data ASN secara mandiri yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, terkini dan terpadu untuk meningkatkan layanan manajemen ASN.
Jadwal kegiatan PDM di Kota Tegal dimulai tgl 15 September – 14 Oktober 2021.
Kegiatan PDM dilakukan oleh masing2 ASN secara online, melalui aplikasi berbasis Android bernama “MySAPK” atau website http://mysapk.bkn.go.id
Sebelum kegiatan PDM, para ASN harus melakukan aktivasi akun MySAPK dengan cara :
1. Unduh aplikasi MySAPK dari handphone Android atau bisa melalui website http://mysapk.bkn.go.id
2. masuk dalam aplikasi tersebut di atas, pilih menu “Lupa password”
3. Isi NIP dan alamat email yang pernah di data pada bulan Maret 2021. Jika lupa email atau salah silahkan ajukan koreksi email pada link: ajuan email
4. Masuk ke email anda untuk melihat kode TOKEN yang dikirim.
5. kembali masuk ke aplikasi MySAPK masukkan token, dan buat password.
6. Login kembali menggunakan NIP dan password yang sudah dibuat.
Usulan Pemutakhiran Data :
- Kegiatan pemutakhiran data mandiri meliputi : verifikasi data terakhir yang tercatat dalam database MySAPK dan usulan apabila terdapat data terakhir belum terekam.
- Pemutakhiran data ASN dan PPT Non ASN meliputi data personal dan data riwayat yang terdiri atas riwayat pangkat dan golongan, pendidikan, jabatan, peninjauan masa kerja, CPNS/PNS, diklat/kursus, keluarga, SKP, penghargaan, organisasi dan Cuti di Luar Tanggungan Negara (CTLN). Adapun rincian data yang dimutakhirkan dan dokumen yang diunggah terlampir.
- Dokumen yang dipindai (di-scan) bersumber dari dokumen asli atau dokumen fotokopi yang dilegalisir oleh instansi yang berwenang.
- File dokumen tersebut di atas disimpan dalam format file .pdf dengan ukuran maksimal 1MB.
- Pemutakhiran data dan dokumen yang diunggah hanya data/dokumen terakhir, kecuali data Riwayat Keluarga, SKP (2 tahun terakhir) dan Riwayat Cuti di Luar Tanggungan Negara (CTLN).
- Usulan pendidikan terakhir hanya untuk pendidikan yang telah diterbitkan SK Pencantuman Gelar.
Kegiatan Verifikasi dan Approval
- Jadwal Verifikasi dan Approval dilaksanakan 15 September 2021 s.d 31 Desember 2021.
- Pejabat pengelola kepegawaian OPD untuk menghimpun scan dokumen para ASN untuk digunakan verifikator pada proses verifikasi data.
- Verifikator adalah PNS yang ditunjuk oleh kepala OPD yang bertugas memverifikasi kebenaran data, mengoreksi dan melengkapi data yang diisikan oleh ASN dan PPT Non ASN serta memberikan rekomendasi kepada Petugas Approval.
- Petugas Approval adalah personil BKPPD yang bertugas menerima atau menolak hasil verifikasi pemutakhiran data sesuai dengan ketentuan-ketentuan kepegawaian.
Link terkait PDM :
1. Website tentang PDM :
https://pdm-asn.bkn.go.id
2. Kumpulan materi sosialisasi, video dan buku panduan PDM :
https://drive.google.com/drive/folders/1dCWf6hVUN4FrWf3GuD3uA7DdAS8L5GxM?usp=sharing
3. Google form usulan koreksi alamat email yang salah :
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSewNsAWn2U0AgkhXTTksuHyXua3GSUXo_sLWBvxIbk8wmlUiw/viewform